Monday 30 May 2016

Keutamaan Bertasbih



KEUTAMAAN BERTASBIH

Waktu orang miskin demo kepada Rasulullah mengenai nasib mereka yang tidak bisa sedekah seperti orang-orang kaya, Rasulullah tersenyum seraya berkata:
“Maukah kalian aku beri tahu suatu amalan yang kalau kalian lakukan maka kalian akan dapat mengejar keunggulan orang-orang sebelum kalian dan mengungguli orang-orang yang datang sesudah kalian.” Mereka menjawab: “Mau ya Rasulullah.” Rasulullah bersabda: “Kalian bertasbih (membaca subhanallah), bertahmid (membaca alhamdulillah) dan bertakbir (membaca Allahu akbar) setiap selesai shalat masing-masing sebanyak 33 kali.”
Para sahabat yang miskin itu tersenyum puas, jawaban Rasulullah membuat mereka senang, berdzikir saja sudah setara dengan sedekahnya orang kaya.
Berikut Beberapa Hadits Nabi Muhammad SAW Mengenai Keutamaan Bertasbih.




قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ما على الأرض رجل يقول لا إله إلا الله والله أكبر وسبحان الله والحمد لله ولا حول ولا قوة إلا بالله إلا غفرت ذنوبه ولو كانت مثل زبد البحر


1. Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada seorang laki-laki di atas bumi yang mengucapkan: Laa ilaha illallah wallahu Akbar wa subhanallah walhamdulillah wa laa haula wa laa quwwata illa billah, terkecuali dosa-dosanya diampuni walaupun bagaikan buih lautan.” (HR. Ibnu Amr).


قال صلى الله عليه وسلم من قال سبحان الله وبحمده فى يوم مائة مرة حطت خطاياه وإن كانت مثل زبد البحر


2. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa mengucapkan: Subhanallahi wa bihamdihi seratus kali dalam sehari, maka dihapus kesalahannya walaupun bagaikan buih lautan.” (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah).


قال صلى الله عليه وسلم سبحان الله نصف الميزان والحمد لله ملء الميزان والله أكبر ملء السموات والأرض ولا إله إلا الله ليس دونها ستر ولا حجاب حتى تخلص إلى ربها عز وجل


3. Rasulullah SAW bersabda: “Subhanallah itu setengah timbangan, Alhamdulillah itu memenuhi timbangan, Allahu Akbar itu memenuhi langit dan bumi, dan Laa illaha illallah tidak ada tabir maupun penghalang sehingga bisa sampai kepada Tuhannya ’Azza wa Jalla.” (HR. As-Sajzi dari Ibnu Amr bin Al-’Ash dan diriwayatkan Ibnu ’Asakir dari Abi Hurairah dengan isnad dla’if).


قال صلى الله عليه وسلم من هلل مائة وسبح مائة وكبر فإنه خير من عشر رقاب يعتقها وسبع بدنات ينحرها


4. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca tahlil (Laa ilaha illallah) seratus kali, membaca tasbih (Subhanallah) seratus kali dan membaca takbir (Allahu Akbar) seratus kali, maka itu lebih baik daripada memerdekakan sepuluh orang budak (raqabah) dan berkurban tujuh ekor unta (badanah).” (HR. Ibnu Abu Dunya dan Ibnu Abu  Syaibah dari Anas bin Malik. Ini Hadits hasan).


قال صلى الله عليه وسلم من قال سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم مرة واحدة كتب الله له مائة ألف حسنة ومحا عنه مائة ألف سيئة ورفع له مائة ألف درجة


5. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa mengucapkan: Subhanallahi walhamdulillahi walaa ilaha illallahu wallahu akbar wala haula walaa quwwata illa billahil ’aliyyil ’azhim satu kali, maka Allah SWT menulis untuknya seratus ribu kebaikan, menghapus seratus ribu kejelekan dan mengangkatnya seratus ribu derajat.”


قال صلى الله عليه وسلم من قال سبحان الله إلى آخرها تناثرت عنه الخطايا والذنوب كما تتناثر أوراق الشجر


6. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa mengucapkan: Subhanallah hingga akhirnya, maka dosa dan kesalahannya rontok bagaikan rontoknya dedaunan.”


قال صلى الله عليه وسلم من قال سبحان الله ربي العظيم غرست بها شجرة فى الجنة


7. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa mengucapkan: Subhanallahi Rabbiyal ’azhiimi, maka ditanam baginya sebuah pohon di surga karena ucapannya.” (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim dari Jabir dengan isnad sahih).


قال صلى الله عليه وسلم من قال سبحان ربي الأعلى غفر الله له وأدخله فى الجنة


8. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa mengucapkan: Subhana Rabbiyal A’laa, maka diampuni oleh Allah dosa-dosanya dan dimasukkannya kedalam surga.”


قال صلى الله عليه وسلم التسبيح يجلب الرزق


9. Rasulullah SAW bersabda: “Bertasbih itu mendatangkan rezeki.”


قال صلى الله عليه وسلم كلمتان خفيفتان على اللسان ثقيلتان في الميزان حبيبتان إلى الرحمن سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم


10. Rasulullah SAW bersabda: “Dua kalimat yang ringan pada lisan, berat pada timbangan dan dicintai oleh Ar-Rahman (Tuhan Yang Maha Pengasih) adalah Subhanallahi wa bihamdihi dan Subhanallahil ’Adhiim.” (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah).
Anonymous Web Developer

Blog idiots yg membahas tentang pengetahuan, tentang islam , multimedia , graphic design dan photography.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik